Wednesday, August 1, 2018

Apa Saja Nasihat Keuangan dari Orangtua yang Berharga itu


Pengalaman senantiasa menjadi guru yang bagus”, inilah yang bisa diperoleh dari ayah dan ibu kita yang telah mempunyai lebih banyak pengalaman hidup dibanding diri kita. Ada banyak pelajaran penting yang bisa dipelajari dari mereka, tentunya dalam beragam tuntunan bermanfaat yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan.

Bukan hanya sekadar kata-kata, beragam tuntunan ini kerap adalah pelajaran yang bisa diingat sepanjang waktu. Bagaimanapun juga, ayah dan ibu tentu senantiasa mengharapkan buah hati-si kecilnya berada di jalanan yang benar, termasuk ketika mengelola keuangan.

Tidak hanya sesudah kita dewasa saja, beragam tuntunan keuangan pun telah kita terima sejak masih kecil. Orangtua tentu menydari betul bagaimana pentingnya untuk menanamkan beragam budaya bagus dalam mengelola keuangan sejak dini.

Jika budaya-budaya bagus ini telah ditanamkan sejak awal, karenanya tentu akan lebih mudah bagi kita untuk tetap menjaganya sesudah dewasa.

Berikut ini beberapa tuntunan keuangan yang kerap kita dengar dari ayah dan ibu, adalah:

1. Budayakan Menabung Sejak Tuntunan
Beberapa pertama dan paling kerap kita dengar dari ayah dan ibu adalah budayakan menabung yang bagus sejak kecil. Beberapa ayah dan ibu mungkin memerintah buah hati-si kecilnya untuk menyisihkan beberapa uang jajannya dan menabungkannya ke dalam celengan hingga kelak bisa diaplikasikan untuk membeli beragam keperluan yang diinginkan si buah hati.

Beberapa ayah dan ibu lainnya pun secara khusus membuka rekening tabungan bagi buah hati-buah hati mereka, sehingga si buah hati bisa menyisihkan beberapa uang jajannya dan secara terpola  menabungkannya ke rekening hal yang demikian.

Sebab beberapa buah hati memulai kegiatan menabung ini ketika mereka telah sekolah. Apapun beberapa sekolah telah mempunyai fasilitas itu bagi buah hati didiknya.

Tuntunan metode menabung yang dididik ayah dan ibu, tentu bertujuan untuk membiasakan kita menyisihkan beberapa uang dan menyimpannya sedemikain rupa supaya bisa diaplikasikan di waktu-waktu tertentu ketika diperlukan. Beberapa yang satu ini cukup manjur dan penting untuk kita lakukan hingga dewasa.

2. Jika Investasi Emas
Jika dibandingi dengan instrument lainnya, emas tetap menjadi pilihan investasi yang paling populer bagi para ayah dan ibu. Jika ini juga kerap diperkenalkan kepada kita sebagai buah hati-si kecilnya, supaya ketika mempunyai uang, sebaiknya dibelikan emas saja.

Bagi para ayah dan ibu, investasi yang benar-benar menonjol di depan mata tentu akan jauh lebih bagus dan aman. Tuntunan emas hampir tidak pernah mengalami penurunan poin secara signifikan, sementara itu dari sisi harganya cenderung terus mengalami peningkatan.

Emas Juga lebih mudah diperoleh dan dibeli, sehingga investasi ini bisa dikerjakan dalam pelaksanaan yang mudah dan pesat tanpa perlu menunda-nunda hingga uang terkumpul banyak.

3. Membeli Tanah
Hampir sama dengan investasi di emas, tanah juga dianggap sebagai salah satu investasi yang aman dan menguntungkan oleh para ayah dan ibu. Sehingga mereka kerap menuntun buah hati-si kecilnya untuk membeli tanah.

Jika ini dikarenakan tanah dianggap mempunyai poin yang semakin lama terus meningkat dan tentunya betul-betul bermanfaat di masa yang akan datang. Jika mempunyai dana cukup, karenanya membeli tanah adalah pilihan yang paling ideal.

Beberapa ini pun telah diaplikasikan sejak lama. Jadi jangan heran jikalau kakek-nenek kita mempunyai sebidang tanah yang cukup luas, sementara kehidupan mereka menonjol betul-betul simpel.

4. Belilah Rumah, Jangan  Menyewa
Jika ini terbilang susah mengingat harga rumah cukup mahal, terlebih jikalau berada di kawasan perkotaan.  tuntunan yang satu ini sangatlah bermanfaat, sebab jikalau dipikir-pikir, hingga kapan kita hidup dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya?

 menghabiskan uang tiap-tiap tahun untuk menyewa rumah, membeli dan mengkreditnya tiap-tiap bulan tentu akan jauh lebih bagus. Rumah hal yang demikian bisa menjadi milik sendiri dan hidup akan terasa lebih nyaman tentunya.

Keuangan menjadi hal yang betul-betul penting untuk direncanakan dan dibahas bersama ayah dan ibu. Kendati belum terbiasa, upayakan untuk langsung memulai pembicaraan yang satu ini. Pilih waktu yang terbaik dan metode yang paling ideal untuk mengutarakannya, sehingga pembicaraan ini bisa membuahkan hasil dan berjalan lancar seperti yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment

Apa Saja Nasihat Keuangan dari Orangtua yang Berharga itu

“ Pengalaman senantiasa menjadi guru yang bagus”, inilah yang bisa diperoleh dari ayah dan ibu kita yang telah mempunyai lebih banyak pe...